Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ciri Ciri Tanaman Yang Menyerupai Porang

Jika dulu banyak diabaikan sebagai tanaman liar di pekarangan rumah, tanaman yang satu ini  kini banyak di minati dan di budidayakan petani di sejumlah daerah, Di pasar ekspor, yakni porang (tanaman porang)  umbi porang yang diolah jadi tepung ini banyak dicari.

Umbi dari porang yang sering dianggap masyarakat sebagai makanan ular ini, memiliki pasar ekspor seperti Jepang, China, Taiwan, dan Korea.

Porang adalah tanaman umbi-umbian dengan nama latin Amorphophallus muelleri. Di beberapa daerah di Jawa, tanaman ini dikenal dengan nama iles-iles.

Porang biasanya dimanfaatkan dengan diolah menjadi tepung yang dipakai untuk bahan baku industri untuk kosmetik, pengental, lem, mie ramen, dan campuran makanan, dll  


Memang ada empat tanaman ini sama persis kalau belum tahu dan baru mengenal porang. Sehingga harus jeli bagi pemula yang membeli bibit. Ada suweg, iles-iles, walur, dan blodor dan sangat mirip.

Untuk mengenali bibit Porang, jenis porang dipastikan akan tumbuh biji ubi katak yang ada di ujung pohon atau tengah daun yang mekar. Selain di ujung batang utama tengah dauh, biji katak juga tumbuh di pinggir daun dengan ukuran lebih kecil.

Dipastikan kalau tidak ada biji katak di tengah daun atau ujung batang itu bukan porang. Itu ciri utama yang harus di perhatikan. Empat jenis lain yang menyerupai tidak punya biji katak.

nilai jual biji katak porang yang berada di tengah sangat mahal bisa mencapai Rp 150 ribu per kilo gram. Karena memiliki kualitas yang sangat bagus dibanding umbi katak yang ada di daun bagian pinggir.


Dan Berikut ini ciri-ciri tanaman yang menyerupai Porang;


1. Iles-iles dengan warna umbi putih dan tidak memiliki katak, dengan warna pohon hitam ada loreng hitam putih serta daun tipis.


2. Walur dengan ciri memiliki umbi warna putih agak kuning namun punya serat. Pada umbi bagian luar punya buntil kecil atau calon anakan, kemudian pohon kasar beda dengan porang yang halus. Ciri lain dipastikan tidak memiliki daun tipis serta warna pohon hitam dengan batang loreng hitam putih.


3. Suweg memiliki umbi warna kuning agak putih dengan bagian luar punya buntil kecil menyerupai walur dengan bentuk umbi berserat.


4. Blodor dengan ciri, pada batang pohon sama dengan walur, tetapi pohon lebih kasar dan lebih tinggi besar menyerupai pohon pepaya.


Post a Comment for "Ciri Ciri Tanaman Yang Menyerupai Porang"